5 Obat Alami untuk Atasi Nyeri Punggung

Selasa, 26 November 2019 - 22:30 WIB
5 Obat Alami untuk Atasi Nyeri Punggung
5 Obat Alami untuk Atasi Nyeri Punggung
A A A
JAKARTA - Banyak dari kita yang sering menghabiskan sebagian besar waktu dengan duduk. Yang paling umum, duduk sepanjang hari di kantor, mengerjakan beberapa pekerjaan. Hal ini memberikan banyak tekanan pada punggung bagian bawah dan pada akhirnya mengalami rasa sakit yang tak tertahankan.

Untuk mengatasi masalah itu, sebagian orang langsung mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit. Sementara, rasa sakit di bagian punggung bisa terjadi kembali di hari kemudian lantaran gaya hidup. Tentu Anda tak akan menjadi obat penghilang rasa sakit ini sebagai andalan. Lalu bagaimana mengatasi penyakit ini? Dilansir Times of India, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan.1. Berolahraga secara teraturSaat Anda menghabiskan seluruh hari dalam posisi duduk, akan sangat penting jika melakukan olahraga untuk mengendurkan otot punggung. Berolahraga secara teratur akan memperkuat otot-otot punggung, perut, dan kaki.

Otot-otot yang kuat akan menopang tulang belakang kita dan menghilangkan sakit punggung. Yoga, Berlari, jogging, dan latihan peregangan sangat baik untuk menghilangkan sakit punggung bagian bawah.

2. Terapi panas dan dingin
Terapi panas dan es bekerja dengan baik untuk meredakan sakit punggung. Terapi es mengurangi peradangan dan terapi panas melemaskan otot-otot dan meningkatkan sirkulasi darah. Untuk 48 jam pertama, disarankan untuk menerapkan terapi es karena panas dapat membuat pembengkakan semakin parah.

Jangan pernah meletakkan es langsung di kulit Anda karena akan memberi Anda radang dingin. Bungkus es batu dengan kain atau handuk dan oleskan di daerah yang terkena.

3. Tidur yang nyenyak
Postur tidur yang buruk bahkan dapat menyebabkan sakit punggung kronis di pagi hari. Jadi, pastikan Anda tidur selama 7-8 jam di malam hari dalam posisi tubuh yang baik.

Selain itu, kasur dan bantal Anda juga bisa membuat Anda sakit punggung bagian bawah. Jadi gantilah jika sudah 7 tahun lamanya.

4. Hindari sepatu hak tinggi
Ini berlaku untuk wanita yang suka memakai sepatu hak. Anda mungkin merasa baik dan percaya diri setelah mengenakan sepatu berhak tinggi favorit Anda, Namun memakainya terlalu sering dapat membuat Anda sakit punggung.

Sepatu hak tinggi dapat menggeser pusat gravitasi Anda dan melukai punggung bagian bawah. Jika Anda ingin mengenakan sepatu hak tinggi setiap hari maka pastikan bahwa tinggi tumit tidak lebih dari satu inci.

5. Diet
Sesuai penelitian, ada hubungan antara diet Anda dan nyeri punggung kronis. Kekurangan vitamin D, vitamin B12 dan magnesium juga bisa menjadi alasan untuk sakit punggung Anda yang tidak pernah berakhir. Jadi makanlah makanan yang sehat dan kaya nutrisi agar tetap sehat dan bugar.

Selain kelima tips diatas, ada beberapa tips lain untuk mengurangi rasa sakit pada punggung bawah
1. Berhenti MerokokPerokok sering mengeluh tentang sakit punggung kronis. Ini terjadi karena merokok melemahkan tulang, menyebabkan sakit punggung. Jadi, jika Anda perokok berat, sekarang saatnya untuk berhenti.
2. Periksa postur tubuhMembungkuk atau membungkukkan bahu Anda tidak baik untuk tulang belakang Anda. Periksa postur Anda saat Anda duduk atau berjalan atau melakukan aktivitas lain apa pun.
3. Menurunkan berat badan
Berat badan berlebih membuat otot punggung dan punggung Anda tegang. Jika Anda menderita masalah nyeri punggung bawah, cobalah untuk menurunkan berat badan beberapa kilo saja.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3962 seconds (0.1#10.140)